Selasa, 22 Januari 2013

Kepadatan Penduduk Salah Satu Penyebab Banjir

Pelaksana Tugas Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sudibyo Alimoeso menyatakan kepadatan penduduk menjadi salah satu penyebab banjir di Jakarta.

"Penduduk yang padat biasanya mengakibatkan rumah penduduk berhimpitan, tanpa memikirkan resapan air tanahnya," katanya di Jakarta, Senin (21/1).

Ia menjelaskan, ada beberapa fenomena yang menghubungkan antara kepadatan penduduk dan bencana alam, termasuk banjir. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi memerlukan papan dan pangan cukup, dan keduanya berhubungan dengan ketersediaan lahan.

Ia juga mengatakan, kepadatan penduduk cenderung berdampak pada permukiman yang tidak ramah lingkungan. "Rumah yg berhimpitan tanpa dipikirkan resapan air tanahnya, tentu saja dapat menyebabkan banjir," ujarnya.

Demikian juga dengan sulitnya lahan permukiman, tambah Sudibyo, mengakibatkan banyak penduduk di daerah perkotaan mengambil jalan pintas dengan mendiami rumah-rumah di bantaran sungai. Semua diperparah dengan perilaku sebagian penduduk yang membuang sampah sembarangan. Padahal, selain merusak habitat lingkungan, membuang sampah sembarangan membuat pendangkalan sungai semakin cepat. (Ant/OL-01)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar